Curug Nyogong

Garut memang dikenal dengan banyaknya wisata alam yang bisa memanjakan para wisatawan. Wisata alam yang dimiliki Garut pun lengkap, di antaranya Gunung Papandayan, Pantai Santolo, berbagai wisata sejarah dan budaya seperti Candi Cangkuang, dan masih banyak gunung, pantai dan wisata lain yang ditawarkan oleh Garut.

Tidak ketinggalan, Garut pun mempunyai wisata curug atau dikenal dengan air terjun indah yang bisa menjadi pilihan kamu jika kamu berlibur ke Garut. Garut pun disebut sebagai daerah yang mempunyai wisata curug yang sangat banyak dan juga indah, salah satunya Curug Nyogong.

Curug Nyogong berada di Kampung Sawah, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Letaknya berada di selatan Kota Garut, sekitar tiga jam perjalanan dari pusat Kota Garut. Kecamatan Cihurip terletak di ruas jalan antara Cikajang-Pameungpek. Saat kamu masuk ke gapura bertuliskan Kecamatan Cihurip, kamu tinggal mengikuti jalan perbukitan sampai kamu menemukan Balai Desa Mekarwangi.

Kamu bisa parkir di Balai Desa ini dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak kurang lebih 2 km untuk mencari Curug Nyogong. Di perjalanan kamu akan menemukan saluran air buatan yang digunakan oleh Pembangkit Listik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Curug Nyogong memiliki ketinggian yang relatif rendah, mempunyai debit air yang besar dan lebar curug yang cukup besar sehingga membuat kamu bisa menikmati air yang jatuh langsung dari curug ini. Untuk kamu travelers yang ingin datang ke sini, usahakan kamu datang di pagi hari. Kamu bisa menikmati udara pagi hari sambil menikmati segarnya air Curug Nyogong ini. Jangan datang di sore hari, karena sering turun kabut secara tiba-tiba yang akan membuat perjalanan kamu menuju curug ini terasa sulit karena tertutup oleh kabut.