Curug Cibadak

Curug Cibadak Garut terletak di daerah terpencil yang jauh dari keramaian kota, terpatnya berada di desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawabarat. konon katanya, dulu pernah ada  peristiwa seekor badak jatuh dari tebing curug hingga kedasarnya. Karena peristiwa jatuhnya badak tersebut warga lokal menyebut curug tersebut dengan sebutan Curug Badak.

Namun, ada juga versi lain terkait asal-usul nama curug ini yang cenderung lebih rasional. Konon disebut Cibadak bukan karena bentuknya mirip Badak, melainkan karena debit airnya yang besar. Jadi, toponimi Cibadak berasal dari bahasa sunda “Cibadag” ; Ci :air, badag : besar yang berarti air yang besar. Hal ini memang sesuai dengan keadaan fisik alam curug ini.

Selain debitnya besar, tinggi curug cibadak ini jika diukur dari atas (dari terjunan pertama) akan mengalahkan curug lain. Tebing Curug Cibadak ini memiliki ketinggian lebih dari 100 meter. Pada musim hujan, debit air curug ini sangat besar. Walaupun demikian, tidak seperti di curug-curug lain, di musim hujan air curug ini masih sangat jernih, karena struktur tanah di atas curug yang berupa batuan, sehingga curug ini tidak membawa material tanah.

Setiap objek wisata seperti air terjun memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Sama halnya dengan Curug Cibadak ini. Curug Cibadak memiliki daya tarik yaitu Air terjun yang tinggi nya memiliki ketinggian sekitar 100 meter memiliki lairan air yang jernih serta pemandangan yang cukup indah. Oleh karena itu Air Terjun Cibadak ini kini mulai ramai di kunjungi para wisatawan. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan disini adalah Berenang atau mandi di curug dan berfoto selfie.